Kamis, 22 Agustus 2013

Apa itu JDM (Japanesse Domestic Market) ?

Sering kita mendengar aliran modifikasi mobil JDM. Tapi tahukah anda apa sebenarnya JDM itu?? 

JDM: Japanese Domestic Market

Suatu aliran dimana semua bagian part mobil menggunakan part asli yg berasal dr Jepang, bukan replika. Sebagai contoh Mitsubishi lancer Gti memakai semua bodypart lancer EVO, kenapa bisa dibilang sbg JDM? Karena bagian part mobil menggunakan komponen asli dar Jepang yg tidak diedarkan ATPM mobil tersebut di indonesia. Toyota starlet dari Indonesia berbeda dgn starlet JDM, karena starlet JDM headlampnya menggunakan lampu bulat yg terpisah dua. Atau Honda Maestro, headlamp honda maestro dari Indonesia berbeda dengan yang builtup dari jepang, kalo headlampnya JDM dia model one piece jadi antara headlamp sama lampu sein nyambung.




Headlamp Honda Honda Maestro Indonesia


Headlamp Honda Maestro Model JDM (One piece) 

Aliran tersebut sekarang sangat menjamur di seluruh ibu kota di indonesia. Salah satu alasan mengapa aliran JDM ini banyak dianut adalah karena modifikasi JDM itu simple, dan enak dilihat. Segala komponen asli Jepang maka spare part itu sudah termasuk JDM.


Banyak produsen part modifikasi yang mengaju pada merk-merk tertentu. Misalnya Toyota punya TRD. Honda dengan Spoon, 5 Zigen, Mugen dan sebagainya. 

Aliran ini sedang lumayan di gandrungi oleh para muda-mudi dunia modifikasi, aliran ini merupakan aliran yang semua bagian komponen mobil menggunakan parts asli yang berasal dari negara Jepang, bukan replika dan tidak diedarkan di Indonesia.  Aliran tersebut sangat menjamur hampir di seluruh kota di Indonesia. Alasan kenapa aliran ini menjamur adalah karena modifikasi JDM yang simpel, enak dilihat, dan bisa dibawa harian. Semua komponen asli Jepang maka komponen tersebut  itu sudah termasuk JDM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar